Selasa, 10 Agustus 2010

Penjelasan Terciptanya Lubang Raksasa di Guatemala

Lubang raksasa yang menelan korban, kerugian material di Guatemala bisa dibilang misterius. Lubang ini terbentuk ketika badai Agatha melanda kota tersebut, tiba-tiba sepetak tanah runtuh seketika. Hal ini membuat saya tertarik untuk mencari pembuktian musibab dari terciptanya lubang raksasa itu.

Kronologis Lubang Guatemala

Quote:
Sebuah berita tertanggal 3 Juni 2010 yang ditulis oleh Ker Than untuk National Geographic mempublikasikan sebuah bencana yang dasyat telah terjadi di Kota Guatemala, Amerika Tengah. Menurut www.dailymail.co.uk menceritakan kronologis kejadian terjadi ketika badai Agatha pada musim pasifik kemarin menghempas Kota Guatemala dan El Salvador. Ketika itu saksi mengatakan bahwa lubang raksasa ini tercipta ketika badai Agatha berlangsung dan akhirnya menciptakan longsor. Dia juga mengklaim ada seorang korban di lantai tiga sebuah bangunan yang ditelan oleh lubang itu dan masih banyak juga korban yang dinyatakan hilang.

(jatuhnya korban di lantai tiga kemungkinan gedung yang dilingkari)
Lubang ini diperkirakan mempunyai kedalam hingga 200 feet 

Penjelasan Terjadinya Lubang Guatemala
Quote:
Menurut ahli geologi yang dikutip oleh dialymail

"Lubang menganga biasanya disebabkan oleh air hujan secara bertahap menggerogoti batu kapur berpori seperti di bawah permukaan, melemah, dan membuat tanah seperti sarang lebah dari gua-gua dan gua-gua yang dapat menjadi penuh dengan lumpur. Banjir mungkin telah mempengaruhi tanah menjadi lumpur dan memungkinkan terciptanya lubang besar itu."
Menurut pejabat, Lubang raksasa ini tercipta karena ada sebuah gunung berapi yang meletus minggu lalu dan menghasilkan selimut abu sehingga kondisi drainase yang memburuk itu tertutup oleh abu.

Menurut web vanityfair.com yang berkonsultasi dengan David Bercovici dan Mark Brandon, kedua profesor geologi dan geofisika dari Yale University mengemukakan pendapat terciptanya lubang raksasa atas pertanyaan yang dikutip dari media pustaka sebagai berikut.
Apa penyebab terciptanya lubang besar pada sinkhole tersebut?
Quote:
Sinkholes sering muncul di daerah mana batu di bawah tanah adalah batu gamping, batuan karbonat, dan endapan garam, atau batuan yang dapat secara alami dibubarkan oleh sirkulasi air tanah. Seperti melarutkan sedimen, gua-gua dan mengembangkan kantung udara di bawah permukaan tanah. Jika tidak ada dukungan cukup untuk tanah di atas kekosongan, tanah kemudian akan runtuh dan menciptakan jurang. Depresi alam yang dipaksa mengumpulkan dan struktur yang dibuat manusia seperti rumah dan jalan-jalan dengan drainase yang buruk sangat rentan terhadap tragedi sinkholes. curah hujan yang tinggi, seperti itu dari Badai tropis Agatha hanya mempercepat prosesnya.
Ke mana semua materi yang ada dilubang sebelumnya menghilang?
Quote:
Kebanyakan bahan tersebut dapat terkikis dan tercuci ke dasar lubang jauh sebelum keruntuhan akhir saat lubang terbuka. Ketika lubang terbuka, bahan permukaan hanya jatuh ke bawah.
Kenapa itu begitu bulat?
Quote:
Lubang bulat terjadi ketika tanah mengalami depresi dan mengumpulkan air pada suatu titik dengan kandungan air tertinggi, karena inilah tanah mengalami kelongsoran secara vertikal.
Skematis Kelongsoran UNIVERSAL

Quote:
Sebelum Bencana
Quote:
Bencana Berlangsung
Quote:
Sesudah Bencana

Quote:
Perbandingan tinggi menara Eiffel dan Lubang Guatemala
Disini diceritakan bahwa ketika badai berlangsung air mengisi drainase, namun ternyata ketinggian antara masing-masing pipa berbeda. Hal ini menyebabkan pecahnya pipa karena tidak sanggup menahan debit air, sehingga air menghantam tanah lalu menciptakan terowongan raksasa yang membentuk jurang atau lubang raksasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masa cuma lihat doang
comment please !