Minggu, 08 Agustus 2010

Ditempat Seperti Ini Saja Masih Berdiri Kokoh Rumah Allah

-Kutub Utara (Arctic)














Bagaimana rasanya hidup di Kutub Utara dalam kondisi cuaca yang berubah-ubah karena Global Warming atau Pemanasan Global yang terjadi saat ini? Ajukan pertanyaan tersebut pada Mukum Sidikov, pengurus satu-satunya masjid di Kutub Utara. Saat ini, jumlah Muslim di Norilsk yang merupakan Kota paling utara di permukaan bumi , menurut Mukum Sidikov tidak kurang dari 50.000 jiwa dari 210.000 jumlah populasi yang ada di sana. Tapi sejak beberapa waktu lalu, antusiasme penduduk Muslim untuk datang ke Norilsk menurun, tidak seperti beberapa waktu sebelumnya.















Salah satu penyebabnya adalah, cuaca yang sangat buruk juga sangat mempengaruhi minat ke wilayah yang masuk bagian kutub utara ini. Akibatnya, populasi di Norilsk semakin menurun. Tidak saja kaum Muslim, tapi juga kaum lain. Bayangkan saja, cuaca di Norilsk bisa sangat dingin, sampai 50 derajat Celcius di bawah nol.








Videonya



-Kutub Selatan (Antartica)






























Tempat terdingin di muka bumi ini sebagian besar tertutup es sepanjang tahun. Dengan luas 13.200.000 km², Antarktika adalah benua terluas kelima setelah Eurasia, Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan namun populasinya terkecil jauh di bawah yang lain. Antarktika adalah tempat terdingin di Bumi dengan suhu mencapai -85 dan -90 derajat Celsius di musim dingin dan 30 derajat lebih tinggi di musim panas.Diperkirakan terdapat sekitar 1.000 orang tinggal di Antarktika dalam satu waktu namun bergantung juga terhadap musim. Orang yang tinggal di Antarktika biasanya menggunakan zona waktu negara asalnya. Ditempat seperti ini apakah ada rumah allah? jawabannya ada,satu satunya Islamic Centre yang bernama Muslim Eskimos Community Center, terletak di 3 Amundsen Scott Station South Pole, South Pole - Amundsen-Scott Station South Pole, Antartica. Selain digunakan untuk beribadah, Islamic Centre ini juga digunakan untuk membantu orang yang ingin mengetahui tentang Islam.



-Alaska









Alaska adalah salah satu negara bagian Amerika Serikat. Menurut luas wilayah, Alaska adalah negara bagian AS yang terbesar, dan terkaya sumber alamnya. Alaska tidak tersambung dengan wilayah AS Daratan sehingga ia merupakan sebuah eksklave. Mungkin karena letaknya yang jauh, dan terbatasnya sarana transportasi, biaya hidup masyarakat Alaska (khususnya harga bahan-bahan kebutuhan pokok) adalah yang tertinggi di Amerika. Muslim di Alaska berjumlah sekitar 2000 sampai 3000 dan dalam waktu tidak lama lagi di Alaska akan dibangun sebuah Masjid pertama di Anchorage , Alaska. Selama ini umat muslim di Alaska beribadah di sebuah Mushola kecil di Anchorage. Selain Mushola,di Alaska terdapat restoran dan toko yang menjual makanan halal,diantaranya adalah 



-African & Middle Eastern Market







715 East 15th Avenue, Anchorage, AK 99501







(907) 947-9672

-Alaska Halal Grocery
401 West International Airport Road #23, Anchorage, AK 99518
(907) 677-8776

-Juba Halal Market
5440 E Northern lights blvd Unit 5, Anchorage, AK 99508
(907) 884-4646
(907) 717-9715
(907) 884-3893 (Fax)
(907) 337-2010 (Mobile)

-Capri Pizza - (Halal by request)
4505 Spenard Rd., Anchorage, Alaska 99517
(907) 243-3333
(907) 243-3334 (Fax)







-Gibraltar






























Gibraltar adalah sebuah wilayah luar negeri Britania Raya. Ia terletak di bagian barat daya Eropa, tepatnya di bagian selatan pesisir Spanyol, suatu lokasi strategis di Selat Gibraltar yang menghubungkan Samudra Atlantik Utara dan Laut Mediterania. Disamping pesona keindahan yang bisa kita lihat di Gibraltar,terdapat sebuah Masjid yang juga indah di tempat ini yang bernama Ibrahim-al-Ibrahim Mosque. Terdapat sekitar 2000 penduduk muslim di gibraltar,dan Masjid ini menjadi tempat bagi kaum muslim untuk beribadah dan melaksanakan aktivitas agamanya.


-Tromso (Arctic Circle)









Kota Tromsø merupakan kota terbesar di wilayah paling utara Norwegia. Kota ini terkenal sebagai salah satu kota pariwisata di Norwegia karena mempunyai beberapa daya tarik tersendiri untuk dikunjungi, khususnya karena letak geografisnya yang berada di Arctic Circle atau sekitar 2000 km dari kutub utara. Di musim dingin kota Tromsø merupakan salah satu lokasi terbaik untuk mengamati Aurora Borealis (Northern Light) dan suhu disini bisa mencapai minus 44 derajat celcius. Per 1 Januari 2009 tercatat penduduk kota Tromsø berjumlah 66.513 jiwa dan sekitar 800 orang dari jumlah tersebut adalah umat muslim. Dengan jumlah penduduk muslim yang terus bertambah, keberadaan masjid tidak hanya sebatas sebagai rumah ibadah, tapi juga pusat kegiatan dakwah keislaman di kota yang mayoritas penduduknya adalah umat kristiani ini. ”Alnor Senter” Masjid yang berbentuk bangunan rumah ini kiranya menjadi jawaban akan kebutuhan ini.











-Kyushu Island



20 Maret 2009 Haru dan bahagia bercampur dalam suasana shalat jum`at pertama di mesjid pertama yang dibangun di pulau Kyushu, pulau selatan di bumi sakura. Jepang adalah negara dengan mayoritas penduduknya sekitar 80% penganut Shinto atau Budha, walaupun pada kenyataannya mereka mayoritas tidak peduli tentang agama dan hidup dalam materialistik. Sekitar 70.000 dari 120 juta penduduk Jepang adalah pemeluk Islam. Pulau Kyushu adalah pulau ketiga terbesar di Jepang dengan Fukuoka sebagai pusat kota. Rasa syukur semakin besar ketika suara adzan diperbolehkan keluar mesjid, padahal sebelumnya ditentang oleh penduduk setempat. Biarkan nama-Mu berkumandang indah, menembus relung-relung hati dan mengetuk untuk kembali kepada-Mu dalam hiruk pikuk materialisme Jepang.















SUMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masa cuma lihat doang
comment please !